Cara Merawat Genset Solar

Genset diesel atau genset solar adalah salah satu alternatif genset terbaik yang bisa anda pilih, terlebi karena harga genset diesel yang cukup bersahabat. Merawat genset solar tentunya tidak semudah seperti anda merawat jenis genset lainnya, karena anda membutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk menjaga supaya mesin bisa tetap digunakan dalam waktu yang lama.

Pemeriksaan sistem listrik

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa sistem listrik secara berkala. Caranya adalah memeriksa terminal baterai (dinamo) starting supaya mesin bisa segera dinyalakan ketika listrik padam. Periksa dengan baik koneksi kabel hingga karat yang kemungkinan saja terjadi supaya tidak menghambat kinerja genset ketika anda membutuhkannya.

Pemeriksaan sistem pembuangan

Pemeriksaan sistem pembuangan yang dilakukan sekali dalam seminggu ternyata dapat menghindari anda terhadap risiko polusi udara yang diakibatkan oleh asap beracun pada genset. Untuk itu, lakukanlah pemeriksaan pada beberapa bagian yang terdapat pada sistem pembuangan mulai dari pipa knalpot, manifold, muffler, gasket, atau bagian pembuangan lainnya. Pastikan juga tidak adanya kebocoran yang akan menghambat kinerja genset saat digunakan dalam keadaan darurat.

Memeriksa bahan bakar

Meskipun anda mempunyai sebuah genset yang memakai bahan bakar solar, anda juga perlu memeriksa filter bahan bakar, periksa jalur mudik, hingga kemungkinan lecet yang terdapat pada filter. Tujuannya adalah supaya menghindari kegagalan fungsi genset. Selain itu, pastikan juga tidak terdapat kebocoran yang akan membuat korsleting genset atau mesin tidak dapat digunakan.

Pemeriksaan sistem pelumas

Genset tentunya akan tetap memerlukan pelumas untuk memelihara supaya mesinnya bisa bertahan lama dan dapat digunakan dengan baik. Maka dari itu, jika anda sudah mematikan genset, jangan lupa agar memeriksa pelumas mesin atau level oil dan pastikan agar level oil sedekat mungkin terhadap simbol fiil yang terdapat pada penanda dipstick. Setiap sehari sekali, lakukan penambahan oli genset agar menjaga kinerja pemanas atau pendingin pada genset. Cara yang bisa dilakukan saat menambah pelumas atau oli genset adalah dengan cara mematikan mesin terlebih dahulu, selanjutnya ditunggu sekitar 10 menit. Kemudian tambahkan oli dengan merek yang telah dianjurkan pada buku textbook sampai posisinya mendekati full. Terkait pelumas ini, maka jangan pernah untuk mencoba mencampur atau mengganti dengan merek lain supaya kinerja mesin menjadi lebih optimal.

Pemeriksaan sistem pendingin

Umumnya setiap genset mempunyai sistem pendingin atau coolant yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi mesin ketika genset dimatikan. Berhubungan dengan hal tersebut, maka setiap sehari sekali jangan lupa agar anda memeriksa interval cairan pendingin. Ketika cairan pendingin terlihat berkurang cukup banyak pada genset, maka segeralah untuk menambahkan air, aditif pendingin, dan anti beku yang telah direkomendasikan pada manual book sampai berjumlah sekitar ¾ inchi. Selain itu, pastikan juga bahwa radiator tidak terkontaminasi oleh zat asing yang bisa membahayakan kinerja genset solar.