Bagaimana memilih dan menggunakan jasa foto pernikahan

Ya, menyiapkan pernikahan bukan sebuah pekerjaan mudah. Kebanyakan orang mengurusi pernikahan pertama kali dalam hidupnya. Ini hal yang wajar karena orang jarang-jarang menikah. Menikah bukan sebuah kegiatan rutin berulang yang dijalankan setiap minggu oleh pasangan. Salah satu yang penting menjadi perhatian adalah cara kita memilih jasa foto pernikahan. Ada beberapa hal yang mungkin perlu dicek atau diingat sebelum memutuskan pilihan pada fotografer pernikahan tertentu.

Tidak perlu muluk-muluk mengejar foto Instagramable

Oke, jadi Anda mungkin melihat banyak contoh foto cantik dan bagus di Instagram. Foto-foto tersebut mungkin sangat menarik perhatian. Tapi, ada hal yang perlu diingat bahwa kenyataan sebenarnya tidak seindah foto-foto tersebut. Banyak akun Instagram yang memang fokusnya untuk menghasilkan gambar-gambar yang bagus guna mendapatkan banyak follower yang tujuan akhirnya adalah komersil. Foto-foto yang bagus tersebut membutuhkan rekaan yang sedemikian detil untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Padahal di momen pernikahan, waktu yang kita miliki seringkali terbatas oleh jadwal acara pernikahan. Selain itu ada banyak faktor yang mempengaruhi jalannya pernikahan. Bahkan, berusaha meniru foto-foto Instagramable yang cantik-cantik itu, bisa jadi foto pernikahan kita kehilangan keunikannya. Menjadi bland dan sama seperti foto-foto Instagram lain. Justru kejadian-kejadian natural yang terjadi di acara pernikahan menjadi sebuah keunikan dan orisinalitas sendiri dari foto pernikahan kita.

Cek rekam jejak fotografer

Yang dimaksud rekam jejak di sini tentu bukan soal CV atau bahkan surat keterangan berkelakuan baik dari polisi untuk sang fotografer. Di jasa foto pernikahan, rekam jejak yang penting adalah hasil-hasil foto si fotografer. Jangan terlena dengan foto-foto indah yang dipajang di Instagram si fotografer. Sebagai calon klien, kita harus melihat semua foto yang mungkin dilihat yang dihasilkan fotografer tersebut. Semua yang mungkin. Keahlian seseorang tentu tidak bisa diukur hanya dari satu atau dua foto yang dipajang saja. Keahlian dan pengalamannya akan terlihat jelas dari bagaimana fotografer tersebut mengambil foto dari waktu ke waktu, yakni konsistensi kualitasnya. Jadi periksa semua foto yang dipajang fotografer tersebut. Jika bisa (dan sangat direkomendasikan) adalah meminta contoh riil album yang sudah dicetaknya untuk klien lain. Dari situ kita bisa lihat hasil akhir yang mungkin akan kita dapat juga.