Ooh Ternyata ini Bedanya Meja Tamu Rotan Sintetis dan yang Alami

Banyak yang belum tahu perbedaan antara rotan yang berbahan alami dan sintetis. Karena jika dilihat bentuknya memang sekilas tidak jauh berbeda, jika tidak kita lihat dari dekat kemungkinan kita terkecoh juga. Banyak juga calon pembeli yang justru mengalami kebingungan karena minimnya pengetahuan tentang perbedaan meja rotan sintetis dengan yang berbahan alami.

Lalu apa saja yang menjadi perbedaan mendasar diantara keduanya? Berikut bahasan singkatnya

  1. Bahan dasar pembuatannya

Kalau ini sudah jelas antara meja tamu rotan sintetis dan alami bahan nya berbeda. Dimana yang alami menggunakan rotan sedangkan yang sintetis menggunakan bahan POLYETHYLENE (PE) yang ramah dan aman terhadap lingkungan. Hal ini karena pabrik pembuatnya sudah memasukkan unsur yang membuat aman seperti UV Protection, anti oksidan, anti static  dan colour guard.

Apalagi bahan dasar utama rotan alami saat ini sudah terbilang langka, maka rotan sintetis ini menjadi alternatif yang bagus untuk memenuhi permintaan atas meja tamu dan kursi rotan.

  1. Proses Pembuatannya

Karena bahan dasar pembuatannya berbeda sudah pasti hal tersebut berpengaruh terhadap proses pembuatannya. Jika meja tamu rotan yang berbahan alami memakan waktu pembuatan lebih dari dua minggu sedangkan yang sintetis jauh lebih cepat. Hal tersebut karena meja tamu rotan sintetis dibuat secara pabrikan dan menggunakan robot sedangkan yang alami masih buatan para pengrajin.

  1. Hasil Akhir lebih Rapi

Animo pelanggan terhadap meja tamu rotan sintetis juga tidak kalah tinggi jika dibandingkan dengan meja tamu dengan bahan rotan yang asli.  Saat ini justru pembeli lebih menyukai yang berbahan dasar rotan sintetis, hal itu karena hasil anyamannya dianggap lebih rapi jika dibandingkan dengan hasil anyaman dari bahan rotan yang asli.

Bukan hanya lebih rapi meja dan kursi rotan dengan bahan sintetis memiliki banyak pilihan corak dan warna. Bentuknya pun sudah mengikuti trend, lebih memiliki nilai seni dan bergaya modern sehingga tidak kaku. Warna warnanya disesuaikan dengan design interior ruang tamu rumah, perkantoran atau bidang usaha perhotelan atau restoran. Jika bahan yang asli atau alami biasanya memiliki warna lebih gelap karena warna rotan memang demikian dan saat kita berikan cat warnanya kurang keluar.

  1. Bobot Lebih Ringan

Jika dibandingkan meja tamu rotan alami, yang berbahan sintetis lebih ringan sehingga mudah dipindah pindahkan. Hal ini tentu saja menambah nilai lebih tersendiri saat penataan interior ruang nantinya.

  1. Lebih Mudah Dalam Perawatannya

Salah satu perbedaan yang signifikan antara meja tamu rotan sintetis dengan yang berbahan alami adalah dari sisi perawatan. Untuk meja kursi rotan yang berbahan alami biasa nya lebih rentan terhadap perubahan suhu, sinar matahari dan kelembaban. Akibatnya pemeliharaannya membutuhkan perhatian lebih agar jangan sampai berjamur. Padahal Indonesia adalah negara beriklim tropis yang tentunya tiap daerah memiliki kadar yang berbeda beda terkait curah hujan, intensitas sinar matahari dan kelembapannya.

Sedangkan meja tamu rotan dengan bahan sintetis lebih praktis, tahan terhadap segala macam cuaca, perawatannya pun cukup di lap basah dan kering saja. Keunggulan lainnya tahan terhadap jamur dan hama rayap karena bahan dasarnya memang berbeda.

Nah, itulah perbedaannya antara meja tamu rotan yang berbahan sintetis dan alami selamat memilih.